Manfaat Minyak Ikan Untuk Nyeri Sendi

Manfaat Minyak Ikan Untuk Nyeri Sendi – Perlu Anda ketahui bahwa minyak ikan memiliki manfaat untuk nyeri sendi. Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh orang dewasa tersebut kerap menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan.

Oleh sebab itu, kami disini akan memberikan informasi berupa manfaat minyak ikan untuk nyeri sendi. Agar kondisi yang Anda keluhkan dapat teratasi dengan mencoba mengkonsumsi minyak ikan.

Manfaat Minyak Ikan Untuk Nyeri Sendi

Minyak ikan memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk kesehatan. Ikan yang terkenal kaya akan asam lemak omega 3 yaitu salmon, makarel, tuna, sturgeon, mullet, bluefish, ikan teri, sarden dan lain sebagainya.

Minyak ikan dapat diperoleh dari memakan ikan secara langsung atau melalui suplemen. Suplemen minyak ikan biasanya terdapat sedikit kandungan vitamin E yang bisa dikombinasikan dengan kalsium, zat besi, atau vitamin A, B1, B2, B3, C atau D.

Kondisi nyeri sendi memang kerap terjadi dan kebanyakan disebabkan oleh arthritis, atau kondisi yang diakibatkan oleh peradangan sendi.

Peradangan yang terjadi dimulai ketika sel tubuh mengalami kerusakan dan terjadi pelepasan zat kimia tubuh sebagai sinyal bagi sistem imun untuk melawan balik.

Peradangan yang menetap dan terjadi dalam waktu yang lama dapat merusak tubuh. Namun, kondisi tersebut dapat diminimalisir dengan mengkonsumsi minyak ikan. Manfaat minyak ikan untuk meredakan nyeri sendi sangat efektif.

Manfaat Minyak Ikan Untuk Nyeri Sendi

Karena menurut ahli penelitian mengungkapkan, asam lemak omega 3 dalam bentuk DHA dan EPA dari suplemen minyak ikan dapat mengurangi peradangan dalam tubuh.

DHA dan EPA akan diubah oleh tubuh menjadi resolvin, senyawa kimia antiperadangan yang memblokir aktivitas peradangan.

Dengan begitu, manfaat minyak ikan sebagai obat nyeri sendi dapat mengurangi gejala nyeri dan bengkak yang diakibatkan oleh arthritis.

Selain dapat mengatasi nyeri sendi, minyak ikan juga dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

Karena asam lemak omega 3 dapat mencegah aritmia atau denyut jantung tidak teratur, mengurangi resiko penggumpalan darah, menurunkan kadar trigliserida dan tekanan darah tinggi serta meningkatkan kolesterol HDL.

Untuk mengkonsumsi minyak ikan sebaiknya konsultasikan kepada dokter, karena jika terlalu banyak mengkonsumsi minyak ikan dapat menimbulkan kondisi yang tidak diinginkan. Namun, dosis yang biasanya dianjurkan adalah 1-2 gr/hari.

Minyak ikan juga dapat menimbulkan efek samping seperti bersendawa, mual, bau mulut, ruam, diare dan mimisan.

Itulah informasi mengenai manfaat minyak ikan untuk nyeri sendi, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih telah menyimak artikel kami.

Postedby Obat Herbal Nyeri Sendi

Simak Juga :
Cara Mengolah Jahe Untuk Nyeri Sendi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*